4 Langkah Mudah Jaga Taman Tetap Indah

Sama halnya seperti manusia, tanaman butuh perawatan serta makanan agar dapat bertahan hidup. Setelah berhasil membangun taman di rumah, kini saatnya untuk melakukan perawatan. Perawatan itu sendiri meliputi penyiraman, pembersihan sampah, pemberian pupuk, pembuangan daun kering, serta pemangkasan cabang yang dianggap potensial mengganggu pohon lain, rumah, atau pemandangan.

Alat Yang Dibutuhkan

• GuntinG rumput

Jika rumput yang Anda miliki tidak terlalu luas, maka Anda dapat menggunakan gunting rumput manual untuk merapikan dan memotong rumput. Harga: Rp116.000

• GuntinG ranting

Gunting ranting digunakan untuk membentuk tumbuhan yang sekiranya sudah mulai rimbun. Harga: Rp66.000

• Sarung Tangan

Sarung tangan karet sangat penting ketika pemupukan. Ini berguna agar Anda terhindar dari bahan kimia. Harga: Rp43.000

• GerGaji

Gergaji sangat disarankan ketika Anda hendak memotong dahan. Harga: Rp300.000

• Sprayer

Penyemprotan menggunakan sprayer biasanya dilakukan untuk memberikan pupuk dalam bentuk cair atau penyemprotan hama. Harga: Rp21.500 (1,5L)

Langkah 1 Penyiraman

Pertama yang paling sering dilakukan adalah menyiram tanaman sebab tanaman membutuhkan air untuk hidup. Penyiraman dapat digunakan dengan sprinkler ataupun melalui selang air. Ketika menyiram untuk taman baru pada bulan pertama disarankan untuk memberikan asupan air secukupnya setiap hari. Minimal pagi dan sore atau sekitar sebelum pukul 10 dan setelah pukul 4 sore. Sebab, saat itu tanaman lebih mampu menyerap nutrisi dari tanah.

Langkah 2 Pemupukan

Selain melakukan penyiraman secara rutin, jangan lupa untuk melakukan pemupukan untuk memperbaiki sifatsifat tanah agar menjadi gembur, mudah ditembus akar, serta dapat menyimpan udara dan air. “Taman itu tidak mengalami rantai makanan. Maka setiap tiga bulan unsur hara di tanah akan habis. Maka diperlukan pemupukan. Pemupukan lebih baik dilakukan bergantian antara pupuk kimia dan pupuk organik,” ucap Suwardi Hagani. Jenis pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik dan pupuk anorganik.

Pupuk organik terdiri dari pupuk kandang atau pupuk kompos. Sedangkan jenis pupuk anorganik merupakan jenis pupuk buatan yang dihasilkan oleh pabrik. Pemupukan dilakukan dengan cara mencampurnya dengan takaran yang pas. Tidak ada ukuran pasti berapa pupuk itu harus diberikan. Asalkan jumlahnya sesuai dengan jenis tumbuhan. Tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Langkah 3 Bersihkan Dan Pangkas

Lalu, bersihkan daun-daun kering yang telah berguguran dan dapat merusak pemandangan taman. Jika sekiranya pohon sudah mulai nampak rimbun atau terlihat rusak maka lakukanlah pemangkasan. “Pangkas pohon itu bebas yang penting logika dasarnya harus merapikan batang dalam 2m (maksimum 4m) kalau untuk pohon besar sehingga karakter pohon kelihatan dan mobilisasi tidak mengganggu,” tutur Suwardi.

Pangkaslah pada bagian dahan yang menunjukan kerusakan, misalnya dahan yang patah. Pun tanaman yang tumbuh saling silang dan menghambat sirkulasi udara dan cahaya yang masuk. Yang terpenting adalah setiap pemangkasan hanyalah membuang 25% bagian dari dahan yang ada. Itu berarti bukan berarti Anda bebas melakukan pemangkasan sesuka hati yang justru membuat tumbuhan menjadi gundul. Buanglah seminimal mungkin, yang berakibat buruk bagi pohon Anda.

Di samping itu, jangan terlalu sering melakukan pemangkasan karena pohon juga memerlukan waktu untuk pemulihan kembali. Selain itu, teknik untuk memotong akar juga memiliki caranya sendiri. Suwardi mengungkapkan bahwa sebaiknya menggunakan gergaji dan potonglah sampai ke batang utama.

Langkah 4 Rawat Hardscape

Perawatan hardscape juga menjadi salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan. Biasanya masalah yang kerap dialami pada hardscape adalah jamur dan lumut. Oleh karenya, material-material alami seperti itu harus diberikan coating untuk mencegah timbulnya lumut. Namun, walaupun sudah diberi coating, pembersihan rutin tidak boleh ditinggalkan. Masalah perawatan taman itu sebetulnya mudah. Anda cukup menyediakan waktu sedikit saja.

Apabila Anda terlalu sibuk dan tidak dapat meluangkan waktu untuk merawat taman, Anda dapat memilihi alternatif lain, yaitu menyewa tenaga profesional. Biasanya biayanya meliputi konsumsi, transportasi, serta nilai keahilannya. Kira-kira biaya yang dibutukan selama sehari diukur berdasarkan luasan lahan. Biasanya tarif yang dikenakan berkisar Rp250.000 per sekali datang. Apabila luasan taman lebih besar dan dibutuhkan tenaga lebih dari satu orang maka tinggal dikalikan saja Rp250.000 dengan jumlah orang.

Selain taman, rumah juga perlu ditambahkan sebuah genset sebagai sumber energi listrik cadangan ketika listrik PLN sedang padam. Tidak bisa dibayangkan bukan ketika sedang menikmati kebersamaan dengan keluarga listrik tiba tiba padam. Bahkan ketika ada pekerjaan darurat seperti mengerjakan PR atau mengerjakan skripsi listrik tiba tiba padam. Untuk mendapatkan harga genset yang murah dan tidak berisik untuk rumah tangga bisa membelinya di toko distributor resmi genset silent 350 Kva di Jogja. Salah satu distributor resmi genset di Jogja adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon serta barang yang selalu ready stock.