Kepala Bayi Selalu Panas

Dokter Rifan, mengapa bayi saya (8 bulan), kepalanya terus-menerus panas. Kalau reda, hanya sebentar, nanti panas lagi. Kira-kira apa penyebabnya ya, Dok? Apa risikonya kalau terus-menerus panas? Terima kasih atas jawabannya. Kemala – Banda Aceh. Ibu Kemala yang baik, suhu di daerah kepala yang teraba meningkat/demam dapat saja terjadi pada bayi/anak yang normal. Terlebih bila ia tidak menunjukkan gejala/keluhan lainnya.

Sayang sekali Ibu tidak memberikan informasi mengenai bagaimana tumbuh kembang dan kemampuan motorik serta kognitif si kecil. Bila tumbuh kembangnya masih dalam batas normal, keluhan itu tidak ada pengaruhnya. Mengingat aktivitas fisiknya saat ini bertambah dan saat rentang usia sampai dengan usia 3 tahun, metabolisme dan perkembangan sel-sel saraf otak semakin meningkat, sehingga hasil sampingannya adalah meningkatnya suhu tubuh. Akibatnya, suhu di kepala bila diraba juga hangat.

Nyeri Panggul Tapi Ingin Bersalin Normal

Dokter Judi, sebelum hamil, saya (32) sudah menderita sim­ olisis pubis disfungsi (nyeri panggul akut) sehingga susah berjalan naik tangga, serta gerakan-gerakan lain yang mempergunakan tulang panggul. Kondisi itu diduga karena bekas kecelakaan saat saya jatuh terduduk, sampai sekarang masih sering kumat. Biasanya kalau kambuh saya diberi penghilang rasa sakit (analgetik) serta dilakukan ­ sioterapi. Sekarang saya sedang hamil 3 bulan anak pertama (trimester 1).

Obat antinyeri dan ­ sioterapi sementara dihentikan dulu. Tapi di masa kehamilan ini, rasanya semakin nyeri kalau kebanyakan berjalan sehingga saya lebih sering duduk. Oleh dokter, saya disarankan melahirkan sesar karena kalau bersalin normal harus membuka paha cukup lama dan ini bisa memperparah radang saya. Padahal saya ingin melahirkan normal. Saya ingin pandangan Dokter Judi tentang keinginan saya ini. Mohon saran. Terima kasih. Retno Wulandari – Bandung.

Kapan kecelakaan tersebut terjadi? Bagaimana hasil foto rontgent tulang panggul Ibu ? Apakah ada keretakan atau patah tulang ? Sebaiknya Ibu tanyakan kembali ke dokter yang menangani hal tersebut. Seandainya terjadi patah tulang atau sendi tulang panggul Ibu menjadi abnormal (sim­ siolisis), maka Ibu tidak boleh melahirkan normal. Bila tidak ada data yang lalu, saat ini sebaiknya Ibu berkonsultasi juga dengan dokter ahli tulang (spesialis orthopedi) dan spesialis rehabilitasi medik.

Apakah dokter kandungan Ibu sudah melakukan periksa dalam? Dari periksa dalam kita bisa menduga apakah sudah terdapat sim­ siolisis atau tidak. Pada kehamilan tidak dianjurkan foto rontgent daerah panggul karena akan membahayakan janin. Dokter spesialis rehabilitasi medik akan mengajarkan cara Ibu bersikap, duduk dan berjalan agar keluhan Ibu tidak bertambah parah. Jangan paksakan untuk persalinan normal karena bila jaringan yang merekatkan tulang panggul rusak, maka Ibu tidak bisa jalan.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai tempa terbaik Kursus IELTS di Jakarta untuk persiapan anak yang akan mengikuti tes tersebut.