Kunci PC dengan Cepat

Saat Anda meninggalkan komputer atau notebook, seperti pergi makan siang saat di kantor, ada baiknya perangkat tersebut Anda kunci. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Windows” + “L”. Cara lainnya, Anda bisa membuat sebuah icon di desktop yang berfungsi untuk mengunci desktop atau notebook. Untuk itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik kanan pada layar desktop Anda dan pilih menu konteks “New | Shorcut”. 2. Isi nilai Rundll32.exe, User32.dll, dan LockWorkStation yang tersedia lalu klik tombol “Next”. 3. Setelah ikon tersebut muncul di desktop, klik kanan dan pilih menu “Properties”.

4. Pada parameter “Run”, klik “Minimized”. 5. Agar terlihat lebih manis, Anda dapat mengganti icon tersebut dengan mengklik tombol “Change Icon”. 6. Selanjutnya, isi kolom parameter “Look for Icons in This File” dengan direktori “C:WindowsSystem32 imageres.dll”. 7. Isi ikon yang sesuai dengan pilihan Anda dan klik tombol “OK”. 8. Jika Anda mau, Anda dapat menarik (drag) ikon tersebut ke taskbar Windows 7 dan melekatkannya (pin-up). Kini, Anda dapat mengunci layar PC atau notebook dengan klik ganda shortcut yang telah Anda buat. Selamat mencoba.

Nonaktifkan Opsi “Use the Web service to find the correct program”

Saat Anda mengklik ganda sebuah file dengan format yang Windows tidak ketahui, secara otomatis Windows akan menampilkan layar yang menyatakan hal tersebut. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu “Use the Web service to find the correct program” atau “Select a program from a list of installed programs”. Mungkin PC Anda tidak selamanya terhubung ke Internet terkait dengan opsi yang pertama. Selain itu, mungkin Anda tidak akan pernah menggunakan opsi pertama karena akan membuang waktu Anda. Jika Anda selalu menggunakan pilihan kedua, bukankah akan lebih cepat jika pertanyaan tersebut dapat Anda lewati? Anda dapat melakukan hal tersebut dengan sedikit melakukan penyuntingan pada Windows registry.

Berikut ini adalah langkah-langkah penyuntingannya. 1. Buka tools Registry Editor dengan cara mengetikkan ‘regedit’ pada kolom “Search programs and files” di tombol Start. 2. Arahkan kursor ke lokasi lokasi “HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPolicies”. 3. Klik kanan pada area kosong dan pilih “New | Key” lalu ketik ‘Explorer’. Jika sudah ada paramater bernama Explorer, silakan lewati langkah ini dan langsung menuju langkah keempat. 4. Klik kanan pada area kosong dan pilih “New” | “DWORD (32-bit) value” kemudian ketik ‘NoInternetOpenWith’. 5. Isi parameter “NoInternetOpenWith” dengan angka “1” tanpa tanda petik dan berbasiskan Heksadesimal.

6. Klik tombol “OK” untuk menyimpan semua perubahan parameter yang telah Anda lakukan. Konfigurasi ini dapat langsung Anda gunakan tanpa harus me-restart Windows. Saat Anda mengklik ganda file dengan format yang tidak dikenal oleh Windows, Windows akan melewati pertanyaan yang selalu dimunculkan dan Anda bisa dihadapkan pada koleksi aplikasi yang terpasang di komputer Anda.