Membuka Celah Pasar Udang Bongkok Bagian 1

Rabobank meramal produksi udang dunia semakin menguat dua tahun ke depan. Tahun lalu suplai si bongkok bangkit lagi selepas serangan Mortality Syndrome (EMS). India, Early Ekuador, dan Vietnam bakal mengambil posisi penting dalam suplai. Harga udang pun ditaksir membaik dan mencapai puncak pada perayaan Imlek. Bagaimana peran Indonesia sebagai produsen utama kelima udang global? Suplai Dunia John Sackton, peneliti dan analis pasar seafood dari The National Fisheries Institute (NFI) memaparkan, suplai udang dunia mayoritas dari udang budidaya. Hanya 23% berupa udang tangkapan, termasuk udang coldwater (perairan dingin) atau Pandalus borealis.

Mengacu Organisasi Pangan Dunia (FAO), perdagangan udang 2016 terdiri dari udang budidaya 77,3% atau mendekati 4,5 juta ton, tangkapan 17,4% atau 1 jutaan ton, dan coldwater 5,3% atau 0,3 jutaan ton. Produsen utama udang budidaya ialah China 32%, Indonesia dan Vietnam 16%, India 13%, Ekuador 11%, Thailand 9%, serta Meksiko 3%. Argentina, lanjut Co-founder NFI itu, penghasil udang tangkapan terbesar dengan volume nyaris 250 ribu ton pada 2017 lalu turun ke 200 ribuan ton saat 2018. Produksi terbanyak pada Juli sampai September.

Produsen udang tangkapan lainnya adalah Guyana, Pakistan, Filipina, Guatemala, Panama, Australia, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Venezuela, Bolivaria, Madagaskar, dan negara lain, termasuk China juga Indonesia. Produksi udang Meksiko cenderung stabil. Volume udang tangkapan stabil di kisaran 85 ribu ton pada 2016-2017. Angka ini lebih kecil daripada udang budi daya yang berkisar 140 ribu ton di 2016 dan sedikit lebih tinggi sepanjang 2017. Menuju Amerika Tengah dan Karibia, produksi udang tangkapan cenderung stabil, sekitar 40 ribu ton.

Udang seabob (Xiphopenaeus kroyeri) dari Guyana dan Suriname signifikan menyumbang dua pertiga suplai tersebut. Digabung dengan udang budidaya, produksi udang di kawasan tersebut lebih dari 140 ribu ton pada 2017. Di Amerika Serikat (AS), suplai udang gulf shrimp tangkapan dua tahun ini relatif tetap, sekitar 45 ribu ton. Namun, udang itu tidak masuk dalam perdagangan internasional. Sementara, produksi udang pink (Pandalus jordani) tangkapan mulai mengalami pemulihan.

baca juga artikel lanjutannya di https://ifwemissitwewillfixit.com/membuka-celah-pasar-udang-bongkok-bagian-2/