Membuka Celah Pasar Udang Bongkok Bagian 2

Volumenya yang melebihi 45 ribu ton pada 2015, anjlok di bawah 25 ribu ton pada 2016 kemudian jadi 15 ribu ton 2017. Tahun lalu suplainya berkisar 16 ribu ton. Produksi udang coldwater, tambahnya, stagnan selama 2017-2018. Volume berkisar 225 ribu ton dengan kenaikan suplai di Greenland dan Laut Barents. Sumber lain dari Laut Utara, Islandia, Skagerrak (Selat antara Norwegia dan Denmark), Kanada, dan Norwegia. Udang Budidaya Sackton menuturkan, NFI memprediksi udang budidaya tumbuh di atas 6% pada 2018.

Meski menghadapi hantaman penyakit, volume terus naik sejak 2014. Bahkan, dua tahun terakhir mengalami perbaikan produksi, menembus 3 juta ton lebih. Tahun lalu sejumlah ekspektasi pun terbukti, yaitu pertumbuhan udang India di bawah harapan sedangkan Ekuador melebihi dugaan. Vietnam mengalami perbaikan produksi dan Thailand meningkatkan efisiensi. Indonesia sangat stabil, tetapi di China masalah penyakit belum berkurang. “Konferensi Global Outlook for Aquaculture Leadership (GOAL) mengharapkan pertumbuhan 6% terus berlanjut di 2019 dan 2020,” tukasnya.

Pertumbuhan udang di India terwujud melalui pembukaan area dan kolam baru. Produksi naik pesat dari 500 ribuan ton 2016, mendekati 700 ribu ton di 2017, dan tahun lalu turun menjadi 600 ribu ton. FAO menyebut, suplai dan harga udang India, penghasil udang budidaya kedua dunia, cenderung mempengaruhi perda gangan internasional. Pembudidaya di selatan India menerapkan padat tebar rendah dan tunda tebar untuk menyesuaikan suplai. Namun, pembudi daya di Odisha, Bengali Utara, dan Pantai Barat justru investasi dalam jumlah besar buat menghadapi musim puncak budidaya periode Juli – Oktober.

Memasuki Ekuador, ulas Sackton, peningkatan produksi tercapai lewat efisiensi. Tren produksi udang menanjak sejak 2008 meski sempat turun sedikit saat 2010. Volumenya dari 150 ribuan ton menjadi 500 ribuan ton. Efisiensi dilakukan dengan menggunakan kolam lebih luas, memendekkan siklus budidaya, dan menurunkan padat tebar. Cara ini bisa memperbaiki produktivitas udang dari 0,5 ton/ha menjadi 1-2 ton/ha dengan dua musim budidaya setahun. “Ekuador memiliki potensi lebih tinggi daripada India,” ungkapnya pada World Congress on Global Fisheries Production 2018.

baca juga artikel lanjutannya di https://ifwemissitwewillfixit.com/membuka-celah-pasar-udang-bongkok-bagian-3/