Menu Makanan Pembangkit Semangat

Kari atau sup

Masakan tradisional Indonesia berbumbu rempah-rempah komplet sebetulnya termasuk kelompok makanan yang menyehatkan. Kari, sup, rawon, dan sejenisnya sering kita anggap sebagai makanan jahat padahal sebetulnya mengandung banyak komponen pembakar energi. Bumbu rempah, misalnya, termasuk kategori stimulan yang merangsang metabolisme energi sehingga membuat tubuh lebih bugar.

Daging pun sebetulnya mengandung protein dan mineral esensial, misalnya seng, yang bisa membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga kita bisa aktif lebih lama tanpa cepat merasa capek. Bahkan, kalaupun masakan itu mengandung santan, lemaknya pun sebetulnya tidak sejahat yang kita kira. Lemak dari minyak kelapa termasuk kategori lemak yang mudah dibakar menjadi energi. Jadi, asalkan fisik kita aktif, masakan-masakan bumbu rempah di atas bisa masuk kategori makanan pembangkit energi.

Susu segar

Pada dasarnya susu adalah minum bergizi. Susu mengandung banyak vitamin B yang diperlukan dalam proses menghasilkan energi. Tidak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya asalkan kita mengimbangi konsumsi susu dengan kebiasaan berolahraga. Sekali lagi, makanan saja tidak cukup kita andalkan untuk mendapat tubuh yang bugar penuh semangat. Konsumsi makanan bergizi harus dibarengi dengan pola hidup sehat lain seperti kebiasaan berolahraga, relaksasi, dan istirahat yang cukup.