Mudahnya Membuat Website Sendiri

Banyak pendapat yang mengatakan membuat web site itu sulit. Kita harus menulis kode satu demi satu, atau menggunakan perangkat lunak tertentu agar bisa menciptakan sebuah website yang mena rik. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena kini Anda bisa menciptakan website bahkan dalam hitungan menit! Bagaimanakah caranya? Sebelum tersedianya mi instan pada 1968 yang sekarang kita kenal dengan nama “Supermi” dan “Indomie”, menikmati semangkok mi tidak semudah seperti sekarang ini.

Butuh banyak perjuangan agar kita bisa menikmatinya. Butuh skill khusus dan waktu yang relatif lama untuk dapat membuat mi. Misalkan saja dengan memperhatikan kadar protein tepung yang akan kita gunakan agar tidak terlalu lembek. Belum lagi waktu untuk menggiling mi dan merebusnya. Orang yang tidak mau repot, terpaksa merogoh kocek lebih untuk menikmatinya di depot.

Berbeda halnya dengan sekarang, Anda cukup menyisihkan uang tidak sampai dua ribu rupiah dan waktu kurang dari lima menit untuk menikmati mi instan dengan rasa kari ayam sampai dengan rendang. Ini semua karena tersedianya mi instan. Kemudahan yang sama juga terjadi pada pembuatan website. Ada cara yang memakan waktu lama dan ada juga cara yang instan.

Kita bisa saja menggunakan cara lama: mengetik script HTML dari nol dengan menggunakan aplikasi sakti bernama Notepad, lengkap dengan PHP dan CSS-nya, lalu mengupload file satu-per-satu ke hosting yang kita sewa. Ataupun menggunakan cara cepat dalam hitungan menit saja. Ya, benar-benar dalam hitungan menit!