Pengertian Domain dan Hosting

Memang, sebelum memulai membuat website, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana website Anda bisa diakses dan berada di dunia maya. Secara tidak langsung juga, hal ini erat kaitannya dengan “domain”. Pada bagian pertama ini, saya akan menjelaskan secara singkat pengertian dari domain dan hosting. Menurut salah satu penyedia jasa hosting ternama dunia, http://www.godaddy.com, domain bisa diibaratkan sebagai alamat dari rumah atau tempat bisnis Anda. Misalkan saja alamat: The street address, 1600 Pennsylvania Avenue, alamat ini bisa diibaratkan sebagai IP Address. Mungkin tidak semua orang tahu alamat tersebut.

Berbeda halnya jika kita mengatakan lokasi “White House” atau “Gedung Putih”. Orang akan lebih mengenal dan familiar. Pengertian yang sama juga berlaku untuk IP Address dan nama domain http://www.google.com/ akan lebih mudah dikenal daripada 111.94.249.59, begitu juga http://www. apple.com/ yang lebih mudah diingat daripada 118.215.109.15. Semua website juga mempunyai IP addressnya sendiri. Hanya saja, nama domain jauh lebih mudah untuk diingat.

Hosting lain lagi. Hosting adalah layanan yang disediakan vendor untuk menyimpan data dan file untuk halaman web. Umumnya menggunakan ukuran disk space tertentu. Mulai dari 1MB hingga beberapa GB. Hosting sama pentingnya dengan domain. Karena website Anda tidak akan bisa diakses jika tidak memiliki data apa pun. Data yang dimaksud adalah berbagai file HTML, database, PHP, CSS, dan sebagainya. Data-data ini ditampung oleh storage dari penyedia layanan agar bisa diakses selama 24 x 7 jam. Dengan kata lain, ketika membuka website, sebenarnya kita sedang membuka file di storage orang lain.

Inilah mengapa sebenarnya kita bisa saja tidak menyewa dan menggunakan komputer sendiri sebagai hostingnya. Masalahnya, Anda harus membiarkan komputer Anda aktif tanpa henti, juga koneksi Internet yang stabil. Salah satu saja bermasalah, bisa dijamin, website Anda akan down alias tidak bisa diakses. Hal yang sama juga bisa terjadi pada layanan hosting yang kurang begitu baik. Oleh karena itu, pastikan dulu layanan hosting yang ingin Anda pakai dengan bertanya atau membaca rekomendasi dari orang lain agar tidak mengalami kekecewaan di kemudian hari.