Tips Memakai Lensa Kontak yang Aman

pascal-edu.com – Lensa kontak mampu menutupi beberapa kekurangan kacamata, antara lain lebih praktis, bebas embun, dan lapang penglihatan tertutupi 100% (tidak seperti kacamata yang dibatasi oleh tepi lensa kacamata). Sifat lensa kontak yang bisa dibuat dalam ber bagai macam warna juga menjadi daya pikat tersendiri. Namun, pemakaian lensa kontak bukannya tanpa risiko. Disamping keunggulannya, pemakaian lensa kontak juga lebih “ribet” dan bisa menimbulkan mata merah (iritasi) yang disebabkan mata kurang oksigen dan kering. Agar lebih aman dan nyaman, berikut cara memakai lensa kontak;

l Periksa dulu kondisi mata ke ahli mata/optisien profesional. Ahli mata akan menentukan jenis lensa kontak yang cocok berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengukuran mata.

l Pastikan memilih lensa kontak warna yang sudah terdaftar/teregistrasi di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau regulator yang ditunjuk.

l Lakukan pembelian lensa kontak warna di optik yang memiliki tenaga ahli mata/optisien denganSTR (Surat Tanda Registrasi). Tidak disarankan membeli dari online karena konsumen tidak bisa melihat langsung kondisi barangnya.

l Lensa kontak adalah barang pribadi. Jangan dipinjamkan atau berbagi penggunaan lensa kontak dengan orang lain.

l Ikuti cara perawatan, pembersihan , dan disinfeksi yang sudah dijelaskan oleh tenaga ahli mata profesional.

l Selalu pakai lensa kontak terlebih dahulu sebelum memakai make up. Dan sebaliknya pula, lensa kontak sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu ketika akan menghapus make up. l Jika kondisi mata berair, bengkak, menjadi merah, nyeri dan terasa ada yang mengganjal segera lepaskan lensa kontak dan konsultasi ke dokter spesialis mata. l Pilihlah lensa kontak sesuai kebutuhan. Untuk gaya, bisa dipilih lensa kontak disposable (sekali pakai).

l Patuhi jangka waktu pemakaian. Lensa kontak memiliki beberapa masa pakai di antaranya bulanan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Yang penting adalah menepati jangka waktu yang telah ditentukan. l Sangat dianjurkan memilih lensa kontak dengan kadar air di atas 50%, untuk menghindari rasa kering pada mata, terutama bagi mata yang sensitif.

l Mintalah petunjuk cara pemasangan lensa kontak yang baik dan benar kepada dokter mata atau tenaga ke sehatan mata yang ada di optik. Selalu cuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh dan memasang lensa kontak.

l Bilas lensa kontak dengan cairan pembersih desinfektan khusus yang disediakan sebelum pemasangan ke mata dan saat dilepas dari mata. l Cuci tempat lensa kontak setiap hari dan gantilah tempat lensa kontak secara teratur. Simpan lensa kontak dalam cairan steril yang disediakan.

l Walaupun ada beberapa jenis lensa kontak yang aman dipakai saat tidur, sebaiknya lepaskan sebelum tidur. Kondisi mata tertutup selama tidur akan membuat mata keku rangan oksigen. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah mata. Disamping itu juga mata butuh untuk istirahat dari pemakaian lensa kontak setelah dipakai seharian.

l Meskipun tidak ada keluhan, periksakan mata ke dokter mata secara teratur (minimal setahun sekali). Sebaliknya, jika muncul keluhan seperti mata merah, gatal, berair, pandangan menjadi kabur, bengkak, dan se bagainya, segera hubungi dokter mata.