Tips untuk Ibu Hamil

PENGGUNAAN EXERCISE BALL TURUNKAN ANGKA SESAR Munculnya exercise ball yang berbentuk seperti kacang, ternyata punya dampak positif bagi proses persalinan. Riset yang dimuat di Journal of Perinatal Education menyatakan, bola ini dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk mempercepat proses persalinan bagi para mamil yang mendapatkan epidural. Selain itu, kecil kemungkinan para perempuan yang menggunakan peanut ball ini menjalani persalinan sesar. Mereka pun akan melahirkan bayi lebih cepat daripada para mamil yang tak menggunakan bola ini. Mamil yang menggunakan peanut ball akan melalui tahap pertama dan kedua proses persalin an dalam kurun waktu lebih singkat. Selain itu, bola ini juga akan membantu memosisikan janin secara optimal, sehingga proses kelahiran jadi lebih mudah.

GUNAKAN BLUSH ON AGAR PIPI TERLIHAT TIRUS Wajar bila Mama terlihat gemuk saat memasuki trimester 3. Namun, jangan lantas tidak percaya diri. Agar wajah tampak lebih tirus, lakukan teknik mengaplikasikan pemulas pipi berikut ini: U Tonjolkan tulang pipi dengan menyapukan blush on berwarna gelap tepat di bawahnya. U Aplikasikan blush on yang berwarna lebih terang tepat di tonjolan tulang, lalu sapukan di sepanjang tulang pipi.

ATASI KAKI BENGKAK DENGAN BERENANG Bertambahnya cairan dan darah dalam tubuh, terutama di trimester 3 dapat menyebabkan membengkaknya beberapa bagian tubuh tertentu, semisal kaki. Selain kompres dingin, bengkak juga dapat diredakan dengan berenang. Studi yang dimuat di jurnal American Family Physician menunjukkan, berdiri atau berjalan di dalam kolam dapat membantu meredakan bengkak selama kehamilan. Begitu juga jika mamil melakukan latihan kaki di dalam air. Ayo, coba di akhir minggu ini, Mam!

HAMIL BESAR, SULIT MELAHIRKAN? Belum tentu. Sebab, ukuran perut yang besar belum tentu berarti bayi yang dikandung juga besar, begitu juga sebaliknya. ”Banyak ahli melakukan riset untuk mengetahui ukuran bayi di kandungan berdasarkan ukuran perut ibunya, tapi sampai kini belum ada temuan yang pasti,” kata penulis buku Common Pregnancy Myth: Fact of Folklore?, Graig W. Smith, MD. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses persalinan, misalnya aktif bergerak. Jadi, daripada Mama buang waktu mencemaskan ukuran perut (atau malah berusaha menguranginya), lebih baik banyak bergerak saja, ya!

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing, berikan ia pelatihan khusus di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta.